Persiapan
Dasar Presentasi Bisnis
a. Penguasaan
terhadap topik atau materi yang akan dipresentasikan
Penguasaan
terhadap materi yang akan dipresentasikan merupakan salah satu syarat penting
agar apa yang ingin disampaikan kepada audiens dapat mencapai sasaran. Ketidakpastian
terhadap materi yang akan dipresentasikan bukan saja menghambat penyampaian
pesan kepada audiens, tetapi juga akan memberikan citra ( image )
yang kurang baik bagi pembicara yang bersangkutan. Oleh karena itu, kuasailah
materi tersebut dengan baik sebelum melakukan presentasi di hadapan audiens.
b. Penguasaan
berbagai alat bantu presentasi dengan baik
Di samping
penguasaan materi yang akan dipresentasikan dengan baik, maka berikutnya adalah
bagaimana seorang pembicara mampu memanfaatkan berbagai alat bantu presntasi
bisnis demi pencapaian tujuan yang dikehendaki.
Berbagai alat
batu presentasi bisnis yang dapat digunakan antara lain: white board,
spidol, overhead projector ( OHP ), transparasi, slide, komputer, bagan, flip
chart, video camera, tape, televisi, VCR, dan LCD Projector.
c. Menganalisis
siapa audiens ( Who, What, Where, When, Why, How )
Agar tujuan
presentasi bisnis dapat tercapai dengan baik, maka seorang pembicara perlu
mengenal siapa sebenarnya yang menjadi audiens. Melalui pendekatan
bertanya dengan menggunakan kata tanya seperti: apa, siapa, di mana, kapan,
mengapa, dan bagaimana, maka seorang pembicara akan dapat mengidentifikasi
tentang siapa sebenarnya audiens yang dimaksud, sehingga seorang
pembicara dapat melakukan berbagai persiapan antisifatif.
d. Menganalisis
berbagai lingkungan lokasi atau tempat untuk presentasi
Agar presentasi
bisnis yang dilakukan tersebut dapat mencapai tujuan, maka seorang pembicara
perlu mengenal lebih dekat dengan lingkungan lokasi atau tempat di mana
seseorang akan melakukan presentasi bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar