Perencanaan bisnis merupakan satu
langkah strategis bagi pencaaian tujuan suatu organisasi secara menyeluruh.
Pesan-pesan bisnis yang terencana dengan baik mempermudah pencapaian tujuan
komunikasi. Makalah ini akan menjelaskan tentang perencanaan pesan-pesan bisnis
yang difokuskan pada perencanaan pesan-pesan bisnis secara tertulis
Yang termasuk perencanaan
pesan-pesan bisnis adalah :
1. Pemahaman Proses Komposisi
Penyusunan proses komposisi
seperti halnya proses menciptakan lagu;merencanakan lagu, membuat aransemen dan
menentukan musisinya hinnga melakukan revisi-revisi hingga lagu enak didengar.
Begitu juga proses penyusunan pesan-pesan bisnis; perencanaan,
pengorganisasian, dan revisi.
2. Perencanaan
Beberapa hal perlu diperhatikan
dalam perencanaan diantaranya maksud komunikasi, sasaran audiens, ide pokok,
saluran yang digunakan.
3. Pengorganisasian
Organisasi dan komposisi erat
kaitannya dengan penyusunan kata kalimat, dan paragraf perlu diperhatikan
penggunaan kata, kalimat, dan paragraf yang sederhana, mudah dimengerti, dan
dilaksanakan.
4. Revisi
Seluruh maksud dan isi pesan
ditelaah kembali dari substansi pesan yang akan disampaikan,gayapenulisa,
struktur kalimat, dan bagaimana tingkat pemahaman. Pengecekan dilakukan agar
pesan tersampaikan sesuai perencanaan.
5. Penentuan Tujuan
Tahap pertama dalam merencanaka
suatu pesan bisnis adalah memikirkan maksud atau tujuan komunikasi. Untuk dapat
melakukan hal itu, pertama anda harus menentukan tujuan yang jelas sesuai
tujuan organisasi.
6. Mengapa tujuan harus jelas
Penentuan tujuan yang jelas bagi
suatu organisasi akan dapat membantu proses pengambilan keputusan yang mencakup
antara lain :
- keputusan untuk meneruskan pesan
- keputusan untuk menanggapi audiens
- keputusan untuk memusatkan isi pesan
7. Tujuan komuikasi bisnis.
Secara umum ada tiga tujuan
komunikasi bisnis yaitu : memberi informasi, persuasi, dan melakukan kolaborasi
8. Cara menguji tujuan
Untuk menguji apakah suatu tujuan
yang telah ditetapkan tersebut sudah baik atau belum perlu pengujian dengan
empat pertanyaan berikut.
- apakah tujuan tersebut realistik
- apakah waktunya tepat
- apakah orang yang mengirimkan pesan sudah tepat
- apakah tujuannya selaras dengan tujuan orgsnisasi perusahaan
9. Analisis Audiens
Bila suatu komunikasi telah
memiliki maksud dan tujuan yang jelas, langkah berikutnya adalah memperhatikan
audiens yang akan dihadapi.
1. Cara mengembangkan profil
audiens.
Mengembangkan suatu profi audiens
boleh dikatakan gampang – gampang susah. Penentuan profil audiens dalam hal ini
tidak akan mengalami kesulitan karena audiens adalah orang – orang yang sudah
dikenal, akantetapi akan menjadi sulit bila belum.dalam kasus ini komunikator
perku melakkukan investigasi untuk mengantisipasi reaksi mereka.
- menentukan ukuran serta komposisi audiens
- siapa audiens
- reaksi audiens
- tingkat pemahaman audiens
- hubungan komunikator dengan audiens
2. Cara memuaskan audiens akan
kebutuhan informasi
Kunci komunikasi yang efektif
adalah dengan menentukan kebutuhan informasi audiens dan selanjutnya berusaha
memenuhi kebutuhan tersebut dengan lima tahap di bawah ini ;
- cari apa yang diingikan oleh audiens
- antisipasi pertanyaan yang tidak diungkapkan
- berikan semua informasi yang diperlukan
- pastikan bahwa informasinya akurat
- tekankan ide – ide yang menarik bagi audiens
3. Cara memuaskan kebutuhan
motivasional audiens
Ada kecenderungan bahwa audiens
tidak mau mengubah sesuatu yang ada dengan hal yang lebih baru. Cara
mengatasinya adalah dngfan mengatur pesan – pesan sedemikian rupa sehingga
pesan yang disampaikan dapat diterima audiens dengan mudah. Pendekatan yang
dapa deliakukan adalah dengan memberikan argumentasi yang bersifat rasional.
Meskipun pendekatan argumentasi merupakan cara yang baik, perlu juga untuk
mencoba menggunakan pendekatan emosi.
10. Penentuan Ide Pokok
Setelah menganalisis tujuan dan
audiens delanjutnya adalah menentuka cara mencapai tujuan tersebut. Setiap
pesan bisnis akan bermuara pada satu tema pokok yaitu ide pokok.
Sebelum menentukan ide pokok hal
– hal penting yang harus diidentifikasikan terlebih dahulu :
1. Teknik Curah Pendapat
beberapa teknik curah pendapat
yang dapat digunakan antara lain :
- storyteller’s tour
- random list
- cfr (conclusions findings recomendation) worksheet
- journalist approach
- question and answer approach
2. Pembatasan Cakupan
Penyajian informasi rutin
terhadap audiens hendaknya menggunakan kata – kata yang singkat. Ide pokok dari
pesan – pesan disesuaikan dengan waktu yang tersedia sehingga poin yang penting
tidak terabaikan selain itu ide pokok yang disampaikan harus mudayh dimengerti
dan diterima oleh audiens.
11. Seleksi saluran dan media
Ide pokok dari pesan – pesan
bisnis dapat disampaikan melalui dua saluran yaitu saluran lisan atau oral atau
tertulis.
1. Komunikasi Lisan
Salah satu kebaikan dari
komunikasi lisan adalah kemampuan memberikan feedback dengan segera. Kelebihan
lain adalah sifatnya yang ekonomis. Pendekatan lisan juga bermanfaat apabila
yang disajikan adalah informasi kontroversial karena reaksi audiens dapat
terbaca dari bahasa isyarat mereka.
2. Komunikasi Tertulis
Salah satu kelebihan komunikasi
tertulis adalah peneulis mempunyai keempatan untuk merencanakan dan
mengendalikan pesan – pesan mereka. Suatu format tulisan diperlukan jika
informasi disampaikan kompleks dan dibutuhkan catatan permanan untuk referensi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar